Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

Ikan juga adalah salah satu jenis masakan yang sangat di gemari oleh masyarakat di indonesia, selain rasanya yang lezat, ikan juga mengandung banyak gizi yang menyehatkan. Termasuk kandungan protein yang bisa membantu perkembangan otak agar lebih cerdas. Oleh karena nya, menyajikan masakan dari bahan Ikan sangatlah perlu di perhatikan. Sedangkan untuk menu masakan ikan sendiri, lezat dan tidak nya tidak hanya di pengaruhi oleh resep dan atau bumbu bumbu nya. akan tetapi juga aroma nya. 

Seperti yang sahabat ketahui, Ikan menghasilkan bau amis yang cukup lumayan kuat dan tentu saja aroma amis yang masih terasa saat masakan di sajikan akan mengganggu selera makan sahabat semua. Ikan segar cenderung mengeluarkan aroma yang agak manis, akan tetapi ikan yang sudah di simpan di dalam freezer lebih dari 2 hari cenderung mengeluarkan aroma amis yang sangat menyengat. 

Akan tetapi Selama daging ikan masih cukup padat dan kenyal, serta kulitnya masih tampak cerah dan tidak berlendir, Anda masih bisa menggunakan ikan tersebut. Nah, disini KunoIchi akan berbagi cara cara mengatasi aroma amis ikan tersebut. pada dasarnya ada 4 cara yang akan kunoichi sampaikan pada sahabat semua, dari yang paling sering dan mungkin sahabat semua sudah tahu yaitu dengan jeruk nipis. sampai dengan susu. Berikut adalah cara cara menghilangkan bau amis pada ikan.
  1. Lumuri ikan dengan campuran air perasan jeruk nipis atau lemon serta garam dan lada. Lalu biarkan ikan selama sekitar 30 menit. Buat keratan pada bagian tubuh ikan agar meresap sempurna, 
  2. Bersihkan sisik ikan secara menyeluruh, lalu lumuri ikan dengan cuka. Jumlah cuka yang digunakan adalah 2 sendok teh cuka untuk tiap 1 kilogram ikan. Setelah dilumuri cuka, biarkan ikan selama sekitar 15-20 menit. selanjutnya, basuh ikan dengan air hangat, lalu bersihkan kembali dengan air garam untuk menetralisir rasa dan aroma ikan yang telah diberi cuka. 
  3. Kalau ikan yang akan Anda gunakan adalah ikan utuh, bersihkan ikan dengan baik, terutama bagian hitam yang biasa terlihat di atas ikan setelah kepalanya dipotong. Bagian inilah yang biasa membuat ikan berbau amis
  4. Rendam ikan dalam susu selama sekitar 20 menit. Setelah itu, angkat ikan dan keringkan dengan lap sebelum mulai mengolahnya seperti biasa. Cara ini biasanya lebih cocok untuk potongan ikan fillet.  

Dan menu masakan Ikan Sahabat pun akan siap di santap dengan lebih nikmat tanpa aroma amis.

Selamat Mencoba !!! 

Baca juga >>>  Manfaat Tauge
                          Manfaat Telur Setengah Matang

No comments:

Post a Comment