Manfaat Buah Mentimun

Buah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Sahabat KunoIchi. Sering kita jadikan lalapan atau pun kita makan sendiri. Selain rasa segar, ternyata buah mentimun atau seriing kita sebut Timun ini memiliki banyak sekali khasiat. Apa saja sih khasiat buah yang satu ini? Berikut adalah garis besar dari khasiat yang terkandung di dalam buah mentimun.
  1. Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
  2. Mentimun memiliki Enzim yang disebut Erepsin, yang  mampu membantu dalam pencernaan protein. Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. 
  3. Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .
  4. Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Mengkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
  5. Ketimun mengandung antioksidan seperti B karoten, karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
  6. Sayuran hijau segar ini juga mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ini adalah 3 lignan sangat terkait dengan pengurangan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. Ketika kita mengkonsumsi lignan, bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan akan ditangkap oleh lignan ini, dan diubah menjadi enterolignans. Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, untuk mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker.
  7. Mentimun juga baik untuk mendukung kesehatan gigi dengan mencegah timbulnya bau mulut. Fitokimia yang ada dalam sayuran ini akan mematikan bakteri penyebab bau mulut.  Caranya adalah , Ambil seiris mentimun dan tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama 30 detik. Fitokimia akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Mentimun mentah dapat meningkat air liur, dan membawa netralisasi asam dan alkali dalam rongga mulut. Jus sayuran ini juga efektif mengobati penyakit gusi.
  8. Mentimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mereka membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alkohol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.
  9. Mentimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium. Selain itu juga  mengandung mangan dan serat yang bermanfaat mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah. Uap yang dihasilkan saat mendidihkan mentimun bisa dihirup untuk pereda stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot dan indera.
  10. Mentimun juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
  11. Mentimun memiliki kandungan tembaga yang membantu neurotransmitter, keluarga kimia otak yang diperlukan untuk berkomunikasi. Hal ini juga membantu menghambat penyakit Alzheimer, dengan cara membatasi kerusakan netral dalam otak. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh
  12. Sayuran ini juga mengandung Vitamin K , dimana yang sangat penting untuk memperkuat tulang dengan mempromosikan aktivitas orthotropic. Tingginya silika juga bermanfaat bagi kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Juga merupakan sumber kalsium yang baik, sehingga cocok untuk diet vegan. Mengkonsumsi cukup kalsium juga akan menjaga tubuh keseimbangan hormon dengan mengendalikan pelepasan hormon.
  13. Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes.
  14. Ekstrak mentimun juga dikenal untuk mengurangi peradangan, karena aktivitas enzim inflamasi pro seperti cyclo – oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan.
Itulah tadi khasiat dari buah mentimun, banyak kan sahabat. Mulai dari sekarang kita siap kan selalu buah ini untuk menemani menu masakan kita. karena memiliki manfaat yang sangat banyak. selain itu buah mentimun juga masih memiliki khasiat yang lain dan juga memiliki efek samping jika di gunakan berlebihan. maka hati hati dalam penggunaan nya ya sahabat.

Baca juga >>> Bahaya Buah Mentimun

No comments:

Post a Comment