Memasak Telur Setengah Matang

Kali Ini KunoIchi akan memberika tips untuk memasak telur, terutama telur ayam kampung yang dimasak setengah matang. Pasti Sahabat sering kan mambuat telur setengah matang namun sering kali pula kita gagal, tujuan nya adalah membuat agar putih telur nya matang dan kuning nya masih dalam keadaan mentah. Karena memang telur setengah matang banyak manfaat nya (baca juga : manfaat telur setengah matang) Biasanya ini di gunakan sebagai jamu dan campuran makanan sehat lain nya. Banyak cara untuk membuat telur setengah matang ini, mulai dari pakai tusuk gigi, ada juga yang pakai asam cuka . Tidak ada yang benar atau pun salah dalam hal ini, semua bisa di lakukan.  Disini KunoIchi akan berbagi tips yang mudah. Berikut langkah langkah nya.

  1. Isi air kedalam panci sampai hampir seluruh telur terendam air (kira kira seperempat telur atau kurang lebih tidak terendam air)
  2. Masak dengan api besar
  3. Tunggu hingga air mendidih pertama sekali ( pertama sekali air mengeluarkan gelembung besar bukan gelembung kecil )
  4. Langsung matikan api
  5. jika kematangan ingin disesuaikan bisa di tambah lama merebus nya, namun perlu di ingat bahwa semakin lama merebus, ketinggian air juga perlu di tambah dari awal.
  6. Selesai. 

Waktu yang di butuh kan hanya sekitar 1-2 menit saja (sesuai keinginan kematangan). cepat bukan? yang perlu Sahabat ingat adalah kondisi dari telur disini biasa nya berbeda beda. Ada telur yang masih baru keluar dari pendingin kulkas (ini juga akan berbeda hasil nya). telur yang masih segar dan telur lama pun berbeda hasil juga. Well.. Telur setengah matang yang kaya manfaat siap di nikmati. 

Selamat Mencoba ya Sahabat..!!

No comments:

Post a Comment