Ingin Badan Sehat Selalu? Lakukan Langkah Berikut.

Sahabat termasuk orang yang suka diet? Apakah sahabat sudah melakukan diet dengan benar? Lalu bagaimana diet yang benar itu? Pada dasar nya diet adalah bertujuan untuk menjaga kesehatan. Bukan menyiksa badan sepeti yang sering para gadis (umumnya) lakukan. Diet itu sendiri adalah mengontrol pola dan jenis makanan yang kita konsumsi.  Cara makan yang baik dan sehat adalah dimulai dengan memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi makanan yang tepat sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat).

Karena kolesterol jahat jika dibiarkan lama di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis. Atherosclerosis adalah suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri yang sering menyebabkan serangan jantung dan kematian.

Berikut adalah  strategi mengontrol nutrisi untuk mengurangi risiko penyakit
  • Konsumsi sayur, buah, gandum, dan kacang
    Makanan natural ini merupakan strategi yang cukup kuat untuk melawan penyakit jantung
  •    Konsumsi ikan ikan lebih banyak
    Ikan merupakan sumber dari protein dan nutrisi lainnya. Ikan juga mengandung omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. The American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan dengan kandungan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu.
  •         Membatasi total lemak
        Kurangi konsumsi trans fat (lemak tak jenuh) dan tidak lebih dari 7% - 10% lemak jenuh. (misalnya mentega, makanan gorengan, makanan manis, dan saus salad).
        Bila ingin menambah lemak gunakan lemak yang tinggi dengan lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda (misalnya kanola, olive, atau minyak kacang).
  •     Pilih lemak yang tepat
    Lemak tidak selamanya jahat, lho. Lemak masih dibutuhkan tubuh untuk melarutkan vitamin A,D,E, dan K. Sekaligus sebagai penghasil energi tertinggi. Tapi kalau kebanyakan justru jadi masalah.
  •     Perbanyak variasi makanan
    Makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging atau produk susu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi untuk mengurangi resiko nutrisi dengan menyeimbangkan antara protein dari daging binatang, ikan, dan sayur.
  •     Kurangi konsumsi kolestrol
    Peroleh energi dengan memperbanyak karbohidrat kompleks (pasta, kentang dan roti gandum) dan kurangi gula, minuman bersoda serta makanan atau minuman manis.
  •     Kurangi garam
    Seperti kita ketahui, terlalu banyak kadar garam yang masuk ke tubuh memiliki efek yang kurang baik, seperti tekanan darah tinggi dan penyumbatan saluran darah. Sehingga mampu memicu timbulnya gejala stroke dan serangan jantung.
  •     Banyak konsumsi air putih
Air putih sangatlah bermanfaat bagi tubuh, Air putih merupakan anugerah yang tiada ternilai dari sang pencipta. mudah kita dapat dengan cuma cuma dan akan tetapi memiliki khasiat yang sudah tidak kita tanyakan lagi. 

Selain trick tersebut di atas, menjaga kesehatan merupakan hal yang susah susah gampang sahabat. Dan bahkan ketika kita sudah rutin dan mematuhi segala aturamn untuk hidup sehat saja, terkadang masih saja kita terserang berbagai macam penyakit. Oleh karena nya, jangan terbiasa mengabaikan olahraga. Olahraga rutin setidaknya sekali dalam seminggu sangatlah baik untuk membantu menjaga kondisi badan agar tetap fit dan sehat. Sahabat bisa saja berolahraga ringan seperti jogging pagi ataupun yang lebih santai seperti jalan jalan sore. 

Dan yang terakhir bagi Sahabat yang memang benar benar suka berdiet demi kesehatan (dan ada pula yang berdiet demi bentuk badan), Satu hal yang juga menjadi kunci dalam melakukan diet adalah lakukan diet dengan perasaan senang, tanpa ada tekanan dan paksaan. karena pada dasarnya perasaan senang akan mampu membawa sugesti kita ke arah yang lebih baik dan dalam hal ini adalah kesehatan tentunya.


Baca juga >>> Manfaat Kecambah
                         Menghilangkam Bau Amis Pada Ikan

No comments:

Post a Comment